Bupati Kebut Rehab 451 Rumah Tidak Layak Huni

oleh -149 Dilihat

Sidoarjosatu.com – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali bakal merealisasikan rehabilitasi 451 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di seluruh kecamatan di tahun 2023. Program bedah rumah menjadi salah satu komitmen Pemkab Sidoarjo dalam menyejahterahkan masyarakat.

Menurut Muhdlor, program bedah rumah tersebut melibatkan lintas sektor karena selain dilakukan Pemkab Sidoarjo, program serupa juga datang dari Provinsi Jawa Timur dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Dengan rincian, Sidoarjo merenovasi sebanyak 116 RTLH, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi  Jawa Timur sebanyak 165 RTLH, dan Kementerian PUPR akan merenovasi 170 rumah warga Sidoarjo melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Selain itu, Baznas Sidoarjo juga akan melaksanakan program bedah rumah bagi warga kurang mampu.

“Baznas Sidoarjo sudah melaksanakan perbaikan rumah sebanyak 108 unit. Jumlahnya dipastikan akan bertambah karena Baznas sudah memverifikasi jumlah pengajuan bedah rumah sebanyak 250 unit dari 400 pengajuan,” terangnya.

Sementara, di tahun ini ada sebanyak 116 unit RTLH yang akan mendapatkan bantuan perbaikan dari APBD Kabupaten Sidoarjo. Mengingat, program ini merupakan salah satu program Pemkab Sidoarjo.

“Kami akan coba meningkatkan sasaran penerima manfaatnya,” tambahnya.

Saat ini pelaksanaan program rehab rumah itu hampir selesai, dimana terdapat 46 unit rumah yang 100 persen selesai pengerjaannya. Dan 16 unit rumah sudah mencapai 50 persen tahap pengerjaannya.

“Sedangkan 54 unit rumah masih dalam proses perencanaan (penyusunan DED/RAB). Pelaksanaan pengerjaannya sendiri dimulai bulan Mei 2023 lalu. Kami targetkan akhir tahun seluruh pekerjaan program bedah rumah ini akan selesai,” ucapnya.

Bupati Sidoarjo mengapresiasi berbagai pihak yang telah membantu dan mensuport dalam program bedah rumah. Sehingga semakin banyak warga Sidoarjo yang terbantu dengan program tersebut.

“Kami minta kepala desa juga proaktif terhadap program tersebut. Terutama memberikan usulan terhadap penerima manfaat, sehingga pemkab Sidoarjo dapat segera membantu kesulitan warga,” tandasnya. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.