Paguyuban BPD Kecamatan Wonoayu Dikukuhkan. Subandi Minta Paguyuban dan Pemdes Kolaborasi Membangun Desa 

oleh -947 Dilihat

Sidoarjosatu.com – Plt Bupati H Subandi meminta kepada paguyuban Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah desa saling berkolaborasi dalam memajukan desa. Hal itu disampaikan Subandi saat menghadiri pengukuhan pengurus Paguyuban Badan Permusyawaratan Desa (PBPD) se-Kecamatan Wonoayu periode 2024-2029.

Menurut Subandi, keberadaan paguyuban BPD diharapkan mampu menjadi mitra bagi pemerintah desa, terutama dalam memajukan desa.

”BPD sebagai mitra pemerintah desa harus dapat bekerja sama dan berperan serta menyukseskan pembangunan di desa,” pesan H Subandi, Rabu, (3/7/2024).

Subandi menjelaskan, BPD memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintah desa. BPD memiliki fungsi legislasi, perwakilan, dan pengawasan. Fungsi legislasi merupakan fungsi BPD dalam hal membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa.

”BPD diharapkan dapat memberikan sumbangsih. Jangan sampai BPD, sebagai mitra pemerintah desa, kurang memberikan support kepada pemerintah desa,” ungkap Subandi yang juga mantan kepala desa tersebut.

Komitmen BPD juga sangat dibutuhkan dalam merencanakan pembangunan desa agar menjadi lebih baik dan maju ke depannya. Pengawasan pembangunan desa juga dibutuhkan, agar pembangunan desa lebih baik.

Di sisi lain, H Subandi berharap tidak ada forum-forum BPD yang anggotanya tidak aktif, kemudian merusak rancangan kerja pemerintah desa yang telah disusun bersama. Sehingga perlu adanya ketegasan sikap dalam hal ini.

“Yang tidak kalah penting, anggota BPD diajak untuk terus mau belajar. Tambahan ilmu diterapkan untuk masing-masing desa. Bekerja sama dengan pemerintah desa. Membangun desa demi kesejahteraan masyarakatnya,” tambah Subandi.

Sebagai pimpinan daerah, lanjut H. Subandi, dirinya mengajak bersama-sama antara BPD dan kepala desa bahwa kerja sama merupakan kunci utama dalam membangun desa yang sejahtera. Sinergi yang baik antara kedua pihak akan menghasilkan kebijakan yang lebih efektif dan berdaya guna bagi masyarakat.

”Peningkatan kesejahteraan masyarakat tercapai berkat saling sinergi dan kolaborasi dalam menjalankan program-program desa. Harus sama-sama dijaga,” tuturnya.

Saat ini, masa jabatan Kades sudah diperpanjang. Begitu pula masa jabatan BPD. Perpanjangan masa jabatan itu perlu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Komunikasi, sinergi dan kolaborasi yang baik antara Kades dan BPD bakal mampu mewujudkan pemerintahan desa yang baik. Sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo pun memberikan perhatian untuk BPD. Nilai insentif anggota BPD akan ditambah. Tambahan insentif dimasukkan dalam PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) APBD 2024. Mereka juga bakal menerima keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

”Untuk teman-teman BPD insya Allah pada PAK ini kita akan naikkan insentif. Akan kita daftarkan dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” tegasnya. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.