Realisasi Penerimaan Pajak Meningkat, KPP Pratama Sidoarjo Selatan Ditarget Rp.1 Trilliun di Tahun 2024

oleh -1066 Dilihat
Foto ; Kepala Kantor KPP Pratama Sidoarjo Selatan, Banu Sujita saat memberikan pemaparan dalam Tax Gathering di Fave Hotel Sidoarjo, Kamis, (7/3/2024).

Sidoarjosatu.com – Realisasi penerimaan pajak Kantor Pajak Pratama (KPP) Sidoarjo Selatan tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 5,29 persen yakni sebesar Rp.936.187.485.885 dibanding realisasi tahun 2022 sebesar Rp.Rp.886.683.301.182. Hal itu disampaikan Kepala KPP Sidoarjo Selatan, Banu saat menggelar Tax Gathering bersama wajib pajak di Fave Hotel Sidoarjo.

Acara tersebut dihadiri Kakanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin, Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan Banu Sujita, Forkopimda Sidoarjo dan perwakilan wajib pajak badan, maupun perorangan.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama dan partisipasi para wajib pajak baik badan maupun orang pribadi yang ada di wilayah kerja kami. Capaian realisasi penerimaan pajak dapat meningkat. Capaian ini tentunya bukan hanya hasil kerja kami, namun juga peran para wajib pajak yang telah taat menyelesaikan kewajiban pajaknya,” tegas Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan, Banu Sujita, Kamis, (7/3/2024).

Banu menjelaskan dalam realisasinya, penerimaan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Selatan tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 103,71 persen dari target penerimaan sebesar Rp.902.735.978.000. Jumlah itu akan terus mengalami pertumbuhan seiring pertumbuhan ekonomi dan tingginya kesadaran wajib pajak.

“Untuk tahun 2024, target penerimaan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Selatan meningkat menjadi Rp.1.026.958.617.000. target tersebut sangat luar biasa. Dan menurut historinya baru sekali ini KPP Pratama Sidoarjo Selatan menembus angka satu triliun,” tambahnya.

Menurut Banu, kegiatan Tax Gathering tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KPP Pratama untuk bertemu langsung dengan wajib pajak dan beberapa pemangku kepentingan. Hal tersebut sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan KPP Pratama kepada WP yang selama ini telah membantu dalam merealisasik penerimaan pajak. Seperti Pemda, Kepolisian, Kejaksaan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak bahwa pajak bukan hanya pekerjaan orang pajak saja. Tapi kewajiban semua orang. Dan kami disini hanya mengadministrasikan pajak yang dibayarkan oleh Wajib pajak,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada wajib pajak baik pribadi maupun badan untuk segera melaporkan SPT tahunan yang jatuh pada 31 Maret (pribadi) dan 30 April (badan).

“Kami berharap tahun 2024 ini kerjasama dan partisipasi yang sudah terjalin di tahun yang lalu dapat berjalan lagi dan lebih baik lagi,” tandasnya.

Foto ; Kepala KPP Pratama Sidoarjo Selatan saat memberikan 9enghargaannkepada wajib pajak Badan, pribadi dan pemangku kepentingan.

Sementara, Kepala Kanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin mengapresiasi atas peningkatan realisasi penerimaan pajak di tahun 2023. Dan pihaknya juga optimis KPP Pratama Sidoarjo Selatan dapat meningkatkan realisasi penerimaan pajak di tahun mendatang.

“target penerimaan pajak yang diamanatkan senilai Rp 1 Miliar lebih kepada KPP Pratama Sidoarjo Selatan lebih tersebut pasti akan bisa tercapai. Peningkatan kinerja dan sinergitas dengan berbagai instansi serta doa semuanya akan sangat membantu dalam pemenuhan target tersebut,” tegas Vita.

Sejauh ini DJP telah bersinergi dengan berbagai instansi dan lembaga seperti Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim Sidoarjo dan Kejari Sidoarjo, melalui sinergitas bidang perpajakan yang telah terjalin itulah akan berpengaruh besar pada penerimaan pajak.

Pada acara tersebut KPP Pratama Sidoarjo Selatan juga memberikan penghargaan kepada para Wajib Pajak Perorangan, Badan, BUMN serta OPD.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR) Kabupaten Sidoarjo, H Bahruni Aryawan mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada KPP Pratama Sidoarjo Selatan yang telah memberikan penghargaan dalam bidang perpajakan.

“KPP Pratama Sidoarjo Selatan melihat Dinas Perkim CKTR yang anggaran pajaknya tidak terlalu banyak namun rasio pembayarannya sangat besar. Kami sangat berterima kasih atas penghargaan tersebut,” singkat H. Bahruni. (Had).

No More Posts Available.

No more pages to load.